Ads

Kerupuk Strawberry "made in Ciwidey"

Daftar Isi [Tampil]
Infociwidey.com - Kerupuk Strawberry, Bagi masyarakat Jawa Barat mungkin bukan hal baru. Makanan yang biasa “disandingkan” dengan menu makanan, seperti nasi, bubur ayam, mie baso, soto atau kupat tahu, bahkan jenis kerupuk dengan tampilan dan nama berbeda, sebut saja “seblak” (kerupuk dengan rasa pedas).

Selain itu, terdapat berbagai rasa kerupuk, mulai dari kerupuk udang, kerupuk “melarat” (dari Cirebon), kerupuk mie, kerupuk kulit dan kerupuk aci (terbuat dari tepung tapioka/singkong).

Pada era tahun 60-an, kerupuk aci yang pada umumnya dibuat oleh pengusaha asal Tasik atau Ciamis dijajakan keliling kampung dengan cara dipikul menggunakan tempat khusus yang terbuat dari bahan seng.

Dalam perjalanannya, era tahun 90, pedagang kerupuk membawa dagangannya dengan kemasan plastik.

Bahkan cara menjajakannya , sudah tidak dipikul lagi, keliling kampung atau komplek perumahan dengan menggunakan sepeda motor.

Di daerah Ciwidey Bandung selatan, terdapat kerupuk yang cukup unik, karena terbuat dari buah Strawbery. Buah yang memiliki rasa asam manis yang memang banyak dibudidayakan di wilayah sentra sayuran Ciwidey Kab. Bandung.

Berkat kreatifitas dan terobosan warga Ciwidey dalam mengolah hasil alam yang melimpah di wilayahnya, jadilah hasil produksi kerupuk yang bahan bakunya dari buah strawbery.

Dan menjadi salah satu oleh-oleh unggulan dari Ciwidey, selain kalua jeruk , manisan dan bandrek.

Kerupuk Strawbery produksi rumahan, rasa tetap khas karena masih tercium aroma buah Strawbery segar. Dibentuk kotak tipis dan berwarna merah seperti  buah strabery.

Harganya dibanderol, mulai Rp 7.500/bungkus sampai Rp 25.000/bungkus.

“Semula saya mencoba membeli kerupuk strawbery saat saya dan keluarga sehabis berwisata ke Situ Pantengan.

Jika kamu tertarik ingin membuatnya silahkan baca Resep Kerupuk Strawberry disini.

Di rumah oleh anak saya kerupuk strawbery ini digoreng. Eh ternyata rasanya unik,” tutur Ny. Riska, warga Bale Endah kepada kami di gerai oleh-oleh Ciwidey.

Kini kerupuk Strawbery , menjadi kebanggaan warga Ciwidey  karena banyak disukai wisatawan lokal , bahkan salah seorang rombongan wisatawan mancanegara yang dibawa sebuah bus travel sempat ada yang membelinya.

Post a comment

0 Comments