Ads

Melestarikan Tradisi Di Kawasan Curug Orok Ciwidey

Daftar Isi [Tampil]
Infociwidey.com - Perjalanan kali ini kita akan menyambangi Pesona kawasan Ciwidey. Seakan tidak ada bosanya berkunjung kedaerah Ciwidey ini.

Alamnya yang sangat cantik seakan selalu mengundang untuk kembali mengunjunginya. Kunjungan kali ini bertepatan dengan hari kehutanan sedunia, kegitan yang dilakukan oleh badan/instansi dan unsur masyarakat ini digelar cara sederhana.

Kegiatan peringatan ini bertujuan untuk salah satunya menggugah kesadaran  masyarakat tentang pelestarian alam dan lingkungan. Acara peringatan ini menggabungkan seni tradisi dengan unsur unsur kekinian.

Bertepatan dengan peringatan tersebut. Kegiatan yang dilakukan antara lain kegiatan sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta ini dilaksanakan tidak jauh dari lokasi peringatan hari kehutanan sedunia.

Berbekal berbagai macam sesaji saya beriringan menuju sebuah air terjun atau dalam bahasa Sunda disebut dengan curug.

Letak curug ini agak tersembunyi, lebih kurang tiga kilometer dari lokasi perkampungan penduduk. Untuk menuju lokasi diperlukan kondisi fisik cukup bagus, medan menanjak serta turunan adalah menu yang wajib disantap oleh peserta kegiatan.

Beruntung panorama pesona alam serta ekosistem kawasan ini masih terjaga sehingga kesegaran udaranya mampu menyegarkan badan yang telah terkuras.

Setelah hampir satu jam berjalan sampailah rombongan ke sebuah kawasan yang dikenal dengan Curug Orok. Prosesi adat dimulai oleh para tetua, tujuan dari  kegiatan ini  sebagai bentuk syukur terhadap karunia sang pencipta bagi umatnya.

Prosesi berlangsung secara khidmat diikuti oleh semua peserta. Berbagai sesaji yang dibawa merupakan wujud syukur semua kepada sang pencipta, bukan sebagai kegiatan hura hura semata.

Post a comment

0 Comments