Ads

Panundaan Ditunjuk Sebagai Desa Siaga Bencana

Daftar Isi [Tampil]
Infociwidey.com - Desa Siaga Bencana Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah, terus melakukan pengupayaan pencegahan dan melakukan pelatihan bagi masyarakat yang terkena dampak bencana alam seperti longsor, gempa bumi dan banjir.

Beberapa kantor desa khususnya di Kabupaten Bandung kini sudah bisa digunakan untuk melakukan pengevukasian jika masyarakat mengalami bencana alam, salah satunya Desa Panundaan, Ciwidey.

Pemerintah Kabupaten Bandung menghimbau, Jika terjadi bencana alam, agar semua masyarakat segera untuk mengamankan diri ke tempat yang aman, salah satu  yang ditunjuk adalah Kantor Desa. Secara geografis, kantor desa dibangun di posisi  yang aman dari bencana.

Kantor Desa Panundaan menjadi salah satu percontohan Desa yang tanggap bencana darurat. Karena secara letak geografis Kantor Desa Panundaan berada di lokasi aman dari bencana.

Menurut tuturan Bupati Bandung, Dadang M Naser, garis bencana berada di bentangan selatan dari kawasan Rancabali,  Kabupaten Bandung. Pihak pemerintah tengah menyiapkan beberapa program pelatihan bersama BPBD Provinsi dan Pusat, untuk memberikan pelatihan bagi setiap wilayah desa yang rawan akan bencana.

Sejauh ini, di Kabupaten Bandung, setidaknya tercatat kurang lebih ada tujuh belas Kecamatan yang rawan bencana.

Sementara itu, Kepala Desa Panundaan Ciwidey, Asep  Ma'mun menjelaskan, Pemerintah Provinsi menunjuk Desa Panundaan sebagai desa percontohan siaga bencana.

Hal tersebut karena fasilitas dan perlengkapan di aula desa sudah bisa menampung ratusan jiwa jika nanti terjadi bencana. Selain itu, Panundaan juga siap menggagas sebagai Desa tangguh dalam bencana.

Tercatat, dari Kecamatan Ciwidey sampai Kecamatan Rancabali, Panundaan menjadi slahsatu desa strategis, untuk menjadi Percontohan Desa Siaga Bencana.

Terimakasih telah bersedia berkunjung ke Web ini, semoga artikel yang ada disini bisa membantu anda semua Salam, Admin

Post a Comment

0 Comments