Ads

Suhu di Ciwidey Sekarang Sangat Dingin, Inilah Penyebabnya

Daftar Isi [Tampil]
Suhu wilayah Ciwidey yang dingin
Infociwidey.com - Beberapa hari kebelakang di wilayah Ciwidey mengalami suhu yang sangat dingin. Masyarakat tidak perlu khawatir pasalnya, hal ini merupakan fenomena yang wajar disaat musim kemarau seperti saat ini.

Menurunnya suhu sehingga menambah kedinginan, bukan hal yang pertama kali, hampir setiap musim kemarau berlangsung wilayah Ciwidey yang memang terkenal dengan daerah pegunungan selalu mengalami suhu yang sangat dingin.

Suhu Dingin Ekstrim, Ciwidey Sampai 8 Derajat

Dari status netizen di daerah Alam Endah Rancabali
Suhu dingin terendah wilayah Ciwidey, ada pada kisaran 8-13 derajat celcius.

Untuk minggu ini, suhu terendah di wilayah Ciwidey mencapai 8 derajat celcius, sedangkan di wilayah Lembang ada di 13 derajat celcius dan di Kota Bandung ada di angka 16,4 derajat celcius.

Menurut peneliti Cuaca dan Iklim BMKG Provinsi Jawa Barat Muhammad Lid Mujtahiddin menuturkan kemungkinan suhu dingin itu akan beberapa kali menerpa. Ia menyebutkan puncak musim kemarau berlangsung antara bulan Agustus sampai September.

"Karakteristik suhunya, berupa udara yang kering dan dingin" Tuturnya, yang dimuat di harian online Pikiran Rakyat.

Lid menyebutkan untuk Jawa Barat, awal musim kemarau datang pada bulan Juni dengan terlebih dahulu datang di wilayah Pantura. Kemudian bergerak terus kearah Selatan.

Saat musim kering/kemarau, angin akan bertiup melewati Jawa Barat, adalah angin pasat tenggara atau angin timuran dari arah Benua Australia. Sedangkan pada Juli, Agustus hingga September, di Australia mengalami puncaknya musim pendingin, tutur Lid.

"Sehingga suhunya relatif lebih dingin dibanding musim hujan" tambahnya.

Tentang Pembentukan Awan di Dataran Tinggi

Daerah pegunungan yang dingin
Lid menambahkan juga, kondisi sekarang juga dipengaruhi dengan adanya kelembaban yang ada di ketinggian 1500 mdpl. Daerah yang ada diketinggian tersebut relatif lembab, sehingga pada sore hari akan terlihat adanya pembentukan awan.

Setelah itu, akan tetapi wilayah yang ada didaerah pegunungan diatas ketinggian 3000 meter diatas permukaan laut akan relatif kering, sehingga awan yang terbentuk menjadi hujan relatif kecil.

"Ini yang menambah kondisi suhu udara menjadi dingin." katanya.

Lid menambahkan dengan karakteristik cuaca seperti ini menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga konsisi badan supaya tetap fit dan hangat. Salah satunya tips yang diberikan, usahakan setiap kita keluar rumah selalu mengenakan baju hangat atau jaket.

Tetap terhubung dengan kami di Infociwidey.com untuk mengetahui tentang semua Info Ciwidey, Tempat Wisata, Penginapan di Ciwidey Semua Info Tentang Ciwidey.

Terimakasih telah bersedia berkunjung ke Web ini, semoga artikel yang ada disini bisa membantu kamu semua Salam, Admin

Post a comment

0 Comments