Ads

Supaya Tidak Mudah Lelah Saat Bekerja

Daftar Isi [Tampil]




Assalamualaikum sahabat kali ini Noteart akan bagikan sedikit tulisan tentang Tips Supaya Tidak Mudah Lelah Saat Bekerja
Pernahkah Anda merasa  sangat lelah yang akhirnya menyebabkan menurunnya gairah kerja sehingga pekerjaan yang biasanya menyenangkan pun bisa terasa sangat membosankan. Bila ini tidak sering terjadi mungkin tidak akan ada masalah yang timbul, tetapi bila terjadi berulang-ulang sudah saatnya Anda mencari solusinya.
Berikut beberapa tips agar tidak mudah lelah Noteart kutip dari Koran BB :

1. Gaya hidup sehat
Sering tidak disadari rasa lelah hingga jenuh berasal dari gaya hidup yang salah. Coba perhatikan jam tidur Anda, sudah cukupkah? Usahakan menyempurnakan waktu tidur paling tidak selama delapan jam setiap malam. Namun, jika Anda terpaksa harus begadang atau lembur kerja, ambilah waktu untuk memejamkan mata sejenak di siang hari guna menstabilkan metabolisme tubuh.

2. Sarapan
Rutinitas kesibukan di waktu pagi, sering membuat seseorang lupa menyantap sarapan. Luangkan sejenak di rumah maupun di kantor dengan menyantap makanan kaya serat sebagai makanan pembuka hari.

3. Makan teratur
Dengan menerapkan pola makan tiga kali makan utama dan dua kali mengemil, bisa membuat Anda tak kehabisan energi. Dan pola itu akan membuat kita makan setiap tiga atau empat jam sekali. Namun perlu diperhatikan untuk makan dengan porsi yang cukup, tidak berlebihan. Pastikan juga, menu makanan Anda mengandung karbohidrat, protein, dan lemak tak jenuh. Kandungan itu mampu menyuplai energi lebih dan membuat perut Anda tetap rata.

4. Letakkan tanaman di meja kerja
Warna hijau daun dan warna-warna cerah pada bunga yang ada di tumbuhan akan membuat mata Anda santai. Bahkan sebuah penelitian membuktikan, para pekerja yang menaruh tanaman di sekitar ruang kerjanya, lebih kreatif dibandingkan karyawan yang hanya menumpuk kertas-kertas di atas meja kerjanya.

5. Sediakan segelas air putih
Sebagian besar orang merasa cepat letih akibat mengalami dehidrasi,  untuk itu dengan meletakkan segelas air putih akan memudahkan Anda mengkonsumsi air dan terhindar dari dehidrasi. Itu terbukti ampuh seperti halnya yang dilakukan para atlet sebelum bertanding. Woodson Merrell, MD, direktur eksekutif di Continuum Center for Health and Healing di Beth Israel Medical Center, New York. Menjaga diri agar tetap terhidrasi merupakan cara yang mudah untuk tetap berenergi dan tetap fokus. Jangan sampai Anda kekurangan cakupan air mineral dalam tubuh, yang ditakutkan tubuh Anda akan merasa lemas. Minimal lakukan minum air mineral 8 gelas sehari.


6. Berjalan 10 menit
Seseorang yang berjalan cepat selama 70 menit dalam seminggu atau 10 menit setiap hari mampu memompa energi 18 persen lebih banyak ketimbang yang enggan berjalan kaki. Luangkan waktu untuk berjalan, selain menyehatkan, aktivitas itu membuat Anda lebih percaya diri, fokus, serta terbebas dari sakit kepala atau migrain.


7. Minum kopi atau teh (bagi yang suka)
Menurut ahli perilaku tidur, Harris R. Lieberman, PhD, meminum kopi 200 gram setiap jam akan membantu Anda tetap terjaga, waspada dan fokus dibandingkan langsung menghabiskan satu kopi ukuran besar sekaligus. Jika Anda melakukan itu sekaligus maka yang terjadi adalah kafein akan memuncak dalam aliran darah kita dibandingkan Anda meminum kopi dengan seteguk demi seteguk. Bagi Anda yang suka mengkonsumsi teh, maka ini alternatif baik buat diri Anda karena Sebuah studi di University College London melaporkan bahwa kafein dan asam amino L-theanine yang terdapat pada teh mengurangi kelelahan pada mental dan meningkatkan kewaspadaan, reaksi dan ingatan. Orang yang meminum kopi empat kali sehari selama enam hari mempunyai tingkat hormon stres yang lebih rendah.

Yups sampai disini dulu. Ayo jangan berhenti dikamu, bagikan tulisan ini kepada temanmu, ilmu dan wawasan takan pernah habis, sampai berjumpa lagi di tulisan selanjutnya.

Post a comment

0 Comments