Ads

Melancong ke Subang - Agrowisata Nanas Si Madu

Daftar Isi [Tampil]



Buah berkulit seperti sisik ikan  ini merupakan salah satu buah dengan cita rasa khas,  rasanya yang segar merupakan keistimewaan yang dimiliknya, itulah buah nanas. Salah satu daerah penghasil buah nanas terkenal di Jawa Barat ialah wilayah Kabupaten Subang. Subang merupakan sentra penghasil buah nanas unggulan. Wilayah Kecamatan Jalan Cagak merupakan  daerah dengan jumlah lahan perkebunan nanas terluas di Subang. Sudah bukan rahasia lagi kalau nanas dari Subang memiliki kualitas tinggi baik. Sebut saja nanas jenis Si Madu.Bentuknya yang cukup besar, beratnya antara 3 kg sampai 5 kg dengan rasa manis yang khas. Seiring perjalanan waktu pemanfaatan buah nanas ini bukan hanya di konsumsi buahnya saja.Namun telah di lakukan diversifikasi produk buah nanas,misalnya  diolah menjadi dodol buah nanas,kripik nanas,hingga usaha pengalengan buah nanas untuk di ekspor ke berbagai Negara Namun pemanfaatan buah nanas ini telah membuka lapangan kerja bagi masyarakat, selain diversifikasi ini membuat buah nanas menjadi lebih berdaya guna.
Seiring dengan bergeliatnya sektor pariwisata,kegiatan pertanian, khususnya untuk tanmaman buah nanas, mulai dilirik sebagai salah satu atraksi wisata unggulan.Kegiatan agrowisata di kebun petani di mulai pada pagi hari,para pelancong diajak untuk melihat secara detil proses pemeliharaan tanaman nanas,mulai dari penanaman bibit,pemeliharaan tanaman hingga proses panen. Atraksi wisata jenis  ini sangat di gemari para pelancong dari mancanegara.






Biasanya mereka sangat antusias melihat para petani melakukan kesehariannya,bahkan tidak jarang ada juga yang ingin langsung mencoba melakukan pekerjaan yang dilakukan para petani.
Meskipun baru dilakukan, namun peminat agrowisata sudah meningkat,biasanya para operator tidak mematok tarif khusus untuk kegiatan agrowisata ini,sedangkan keuntungan bagi petani di peroleh dari penjualan buah buah nanas siap panen.Para pelancong  sangat tertarik memetik buah nanas langsung dari kebunnya. Kalau Ciwidey identik dengan agrowisata Strawberri , Subang  memiliki agrowisata unggulan nanas Si Madu (rasa manis bagai mau). Jadi kalau anda melancong ke Subang sempatkanlah melakukan agrowisata di kebun nanas, anda akan mendapatkan pengalaman berbeda.

Post a comment

0 Comments