Ads

Kalua Jeruk Simanis dari Ciwidey

Daftar Isi [Tampil]
Kulit jeruk Bali yang kita kenal selama ini sebagai limbah ternyata ditangan warga penduduk Ciwidey, Kab.Bandung, kulit-kulit jeruk itu mampu disulap menjadi manisan yang rasanya tidak kalah dengan jenis manisan lainnya.

Mereka menamai makanan ini dengan sebutan manisan Kalua Jeruk. Nama ini kemudian menjadi terkenal karena banyak wisatawan yang berkunjung ke Ciwidey menjadikan Kalau Jeruk sebagai oleh-oleh khas dari Ciwidey untuk keluarga di rumah.

Meski hasil pengolahan ini bukan tradisi leluhur masyarakat setempat, karena pengerjaan dan pengembangan Kalau Jeruk baru dimulai oleh masyarakat Pasir Jambu sekitar tahun 1994. Namun, bagi masyarakat umum, Kalua Jeruk tetap dikenal sebagai oleh-oleh khas Ciwidey.

Proses pembuatan Kalua Jeruk ini ternyata mudah. Jika anda ingin mencoba membuatnya sendiri barangkali bisa. Tetapi biasanya, soal hasil terutama rasanya akan jauh berbeda dengan Kalau Jeruk asal Ciwidey.

Bahan baku utamanya Kalua Jeruk adalah kulit jeruk bali yang hampir matang. Kulit jeruk dikupas dan dibentuk sesuai keinginan. Kemudian direndam semalam dengan air kapur sirih.

Keesokan harinya, kulit dicuci dan direbus selama tiga jam. Langkah berikutnya adalah merebus kembali kulit jeruk dalam air gula. Setelah selesai, manisan kulit jeruk ini bisa dihidangkan dan menjadi pengantar minum teh.

Post a comment

0 Comments