Ads

Ranca Cangkuang Gambung Ciwidey - Info Harga Tiket Masuk, Alamat dan Rute Jalan

Daftar Isi [Tampil]
Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Ciwidey Gambung
Infociwidey.com - Halo para pemburu wisata, bertemu lagi dengan mimin yang akan mengulas wisata di Ciwidey yang mungkin belum banyak orang yang tau. 

Ciwidey sering sekali disebut dengan surga tempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. 

Mengapa begitu? Karena di Ciwidey banyak sekali tempat wisata yang menjanjikan dengan udara dan tempat yang pastinya nyaman. 

Untuk kali ini mimin akan membahas Tempat wisata yang menawarkan daya tarik tempat camp yang tidak kalah sejuk dan tidak kalah menariknya di banding tempat camp lainnya.

Penasaran kan?

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Ciwidey Gambung

Udara Pagi di Buper Ranca Cangkuang Gambung
Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung adalah salah satu destinasi wisata alam yang dikenal memiliki pemandangan alam yang masih alami, udara sejuk dengan suasana yang tenang jauh dari perkotaan. Tepatnya berada di wilayah Administratif Desa Mekarsari Gambung Kecamatan Pasirjambu.

Mitos dan Misteri Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung 


Dibalik menarik dan indahnya lokasi ini tidak luput dari keberadaan mereka loh. Iyaa mereka yang menunggu tempatnya. Percaya atau tidak keberadaan mereka itu pasti ada.

Konon dari cerita mulut ke mulut warga sekitar Ranca Cangkuang, di wilayah tersebut sering terjadi kemunculan makhluk halus.

Kemuculannya tidak hanya keusilan suara, bahkan mereka sering menampakan wujud kepada pengunjung yang melakukan hal hal yang tidak sopan.

Oleh karena itu, jika kalian ingin berkunjung ke Ranca Cangkuang sebagai tempat berlibur, mimin harapkan tidak melakukan hal-hal negatif yaa agar kalian tidak berurusan dengan keberadaan mereka hihi.

Hal Menarik di Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung 

Tak usah khawatir disana kalian tidak hanya celengak celengok melihat pemandangan. Tapi kalian bisa juga bisa ngecamp, bermain di sungai, hiking, tempat gathering.

Lokasi Ranca Cangkuang ini sering kali di jadikan tujuan pengunjung untuk berkemah, karena lokasi yang luas dengan rumput hijau serta perkebunan teh menjadi pemandangan yang indah di lokasi ini untuk dijadikan tempat ngecamp. 

Tips Berwisata di Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung 

Suasana weekend di Ranca Cangkuang
Mimin sarankan jika kalian ingin ngecamp pilihlah lokasi di dekat sungai, karena disana kalian akan mendapatkan nuansa yang benar-benar alami.

Jika kalian berkemah saat weekend lebih baik datang lebih awal, karena tempat terbaik pasti akan menjadi buruan wisatawan lain.
Lokasi Ranca Cangkuang ini juga sering dijadikan kemping rombongan, seperti sering di jadikan tempat rombongan anak pramuka, komunitas motor, mobil, bahkan acara keluarga besar pun sering berkemah di area ini.

Selain bisa dipakai camping, di lokasi ini juga kita bisa melakukan hiking, dengan menyeberangi sungai dan menaiki ketinggian bukit dengan sensasi di atas puncaknya. 

Dimana dari ketinggian itu, mata kita dimanjakan dengan sudut panjang yang sejuk dan asri dari kebun teh Gambung yang terhampar luas.
Gathering & kumpul keluarga
Lokasi ini juga sering di pakai utuk acara gathering. Acara gathering yang sering dilakukan biasanya bermalam dengan mendirikan tenda-tenda. Dan dilanjutkan di Pagi harinya dengan acara acara yang tak kalah seru seperti senam pagi, fun games, dan lainnya. 

Jika kalian ingin membuat acara malam dengan kehangatan api unggun, tak usah khawatir dan ribet membawa kayu bakar dari rumah. Karena biasanya warga setempat di sana ada yang menjual kayu bakar dengan harga Rp. 30.000/ikat kayu bakar.

Untuk masalah air?

Tidak perlu cemas di sini kalian tidak akan kekurangan air, karena ada juga mengalir aliran sungai yang airnya masih bersih dan jernih yang berada di sekitaran Camping Ground Ranca Cangkuang Gambung. Aliran sungai ini juga bisa menjadi alternative wahana bermain air gratis di banding pergi ke kolam renang.

Lokasi dan Letak Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung 

Bumi perkemahan Ranca Cangkuang berada di Daerah administratif Daerah Desa Mekarsari Gambung Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung.

Berada Sebelum Daerah perkebunan teh kina Gambung. Dan berjarak kurang lebih sekitar 50 menit dari Exit tol soreang - pasirkoja (Soroja) Kabupaten Bandung.

Rute Menuju Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung 

Jalan menuju Ranca Cangkuang Gambung Ciwidey
Dan untuk rute jalur menuju Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang ini hanya memerlukan kurang dari menit dari pintu keluar Tol Soreang Pasirkoja. 

Dari arah pintu keluar tol soroja, arahkan kendaraanmu ke kanan melewati pusat pemerintahan Kabupaten Bandung - Rumah Sakit Soreang - Pasar Soreang - Desa Sadu - terus lurus mengikuti jalan raya Provinsi sampai ke SPBU Pasirjambu, setelah melewati SPBU Pasirjambu ambil arah kiri di percabangan menuju Daerah Gambung.
Setelah sampai di Daerah Gambung, teruslah mengikuti jalan melewati desa Cibodas-Papakmanggu-Mekarsari untuk menuju ke tempat Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang, 

Lokasi tepat Ranca Cangkuang berada di sebelah kanan setelah melewati tempat wisata Palalangon Park dan Barusen Hiils

Dalam menuju ke tempat camping ground, kalian akan melalui jalanan kampung lalu masuk ke jalan area perkebunan teh yang jalurnya mayoritas bebatuan dan tanah.  

Rute dan Peta Menuju Lokasi Tempat Camping Ranca Cangkuang Gambung

Berikut Rute lengkapnya dalam google maps :

Jam Buka Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Jam Buka : Waktu operasional Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung Ciwidey adalah setiap hari, mulai senin hingga minggu, 24 jam

Nomer Kontak Telepon Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang 

Untuk mendapatkan info wisata Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang terbaru berapa harga tiket masuk, berapa biaya camping di bumi perkemahan raca cangkuang dan yang lainnya, silahkan hubungi +6281 573 600 561

Fasilitas Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung 

Nah untuk fasilitas kita buatkan review tersendiri ya, berikut beberapa ulasan tentang fasilitas yang ada di Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung Ciwidey Kabupaten Bandung.

Perkebunan Teh Gambung


Karena lokasi Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang berada di tengah-tengah perkebunan Teh, maka wisatawan akan melewati area perkebunan Teh Gambung selama di area perkemahan dan dalam perjalanan menuju lokasi wisata Ranca Cangkuang.

Area Camping Ground Luas

Untuk area Camping Ground / Area Berkemah di Ranca Cangkuang ini, terhampar area rumput hijau data  sangat luas yang terdiri dari beberapa lokasi, ada yang dekat kebun teh, ada yang di tengah-tengah area ada juga yang dekat sungai.

Sungai Tenang dan Jernih

Terdapat juga aliran sungai yang membelah diantara lokasi perkemahan, sungai ini sangat jernih dan juga memiliki aliran yang tenang.
Pengunjung bisa memanfaatkan aliran sungai ini untuk berenang dan bermain air, tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan apalagi yang berwisata bersama keluarga dan anak anak.

Tempat Parkiran Kendaraan

Di area perkemahan Ranca Cangkuang Gambung, terdapat beberapa area parkiran yang luas untuk menampung kendaraan para wisatawan, baik kendaraan roda empat maupun roda dua, sementara untuk biaya parkir kendaraan yaitu Rp. 3000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Tempat Sampah

Untuk menjaga lingkungan area perkemahan agar tetap terjaga kebersihannya, pihak pengelola telah menyediakan beberapa tempat sampah yang tersebar di berbagai titik di area perkemahan Ranca Cangkuang ini.

Mushola

Terdapat juga Mushola untuk pengunjung melaksanakan ibadah, lokasi mushola ini berada dekat denga Warung makanan dan WC.
 

Warung Makanan

Untuk urusan perut, di area perkemahan Ranca Cangkuang ini terdapat juga warung yang di Bangun di Tengah area perkemahan. 

Dan untuk Khusus di hari weekend biasanya akan bermunculan juga warung-warung dan jajanan dadakan yang hadir di area lokasi perkemahan.

Untuk harga yang ditawarkan juga relatif tidak terlalu mahal untuk sekelas tempat wisata.

WC dan Kamar Mandi


Di Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang ini sudah ada sarana toilet (Rp.2000/masuk). Area WC dibedakan dengan area bilas atau kamar mandi.

Namun karena jumlah WC dan Kamar Mandi baru ada sedikit, jadi di hari weekend biasanya akan terjadi antrian untuk mengaksesnya.

Harga Tiket & Biaya Camping Bumi Perkemahan Ranca Cangkung Gambung 

Untuk kalian yang ingin masuk dan berkemah di Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang ini, kalian akan di kenakan biaya HTM Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang oleh penjaga nya sebesar Rp. 10.000/orang saat weekday dan Rp. 12.500/orang saat weekend.

Sementara untuk biaya parkir kendaraan yaitu Rp. 3000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Kesimpulan

Nah bagi kalian yang memang sedang mencari tempat berkemah dengan suasana baru, Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang ini sangat rekomendasi untuk kalian kunjungi bersama teman, sahabat ataupun keluarga besar.

Kolom Pertanyaan

Tanya : Apa bisa camp disana?
Jawab : Bisa
Tanya : Bisakah camping bersama keluarga atau komunitas
Jawab : Bisa juga
Tanya : Apakah di Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang udara nya dingin?
Jawab : Tidak terlalu dingin jika dibandingan dengan daerah wisata Ciwidey lainnya, tapi tetap sejuk.
Tanya : Apakah harga makanan disana mahal?
Jawab : Sedikit agak mahal jika di banding dengan jajanan biasa, tapi untuk tempat wisata harga disini wajar.
Tanya : Apakah ada listrik disana?
Jawab : Belum ada listrik dan pencahayaan
Tanya : Bisakah kita berenang di sungai nya?
Jawab : Bisa, pengunjung dapat berenang di sungai yang ada di lokasi Ranca Cangkuang
Tanya : Apakah ada tempat penyewaan alat kemping disana?
Jawab : Sampai saat ini belum ada, jadi harus membawa peralatan dari rumah masing-masing ya
Tanya : Dekat dengan rumah warga ?
Jawab : Tidak, Karena lokasinya berada di tengah-tengah area perkebunan teh Gambung, jadi jauh dari lokasi rumah warga
Tanya : Rekomendasi waktu yang cocok untuk datang kemping dong min..
Jawab : Weekday enak kayanya untuk kemping dengan suasana yang asri hening dan alami.
Tanya : Total Harga perorang berapa min
Jawab : Rp. 12.500/orang pas weekend, Rp. 10.000/orang pas weekday, untuk parkir Rp. 3000/Motor sementara mobil itu Rp. 10.000
Tanya : Okay Terimakasih min
Jawab : Sama sama ya, ayook segera kesini mampir

Tetap terhubung dengan kami di Infociwidey.com untuk mengetahui tentang semua Info Ciwidey, Tempat Wisata, Penginapan di Ciwidey Semua Info Tentang Ciwidey. 
 
Terimakasih telah bersedia berkunjung ke Web ini, semoga artikel yang ada disini bisa membantu kamu semua Salam, Admin

Post a comment

6 Comments

  1. Masyaallah.. Alhamdulillah.. Terimakasih infonya.. Keren banget akhirnya bisa dapet juga ni tempat camp yang keren bisa bareng keluarga tapi tetep murmer alias murah meriah....
    👍👍

    ReplyDelete
  2. Bisa jadi pilihan lain tempat kemping selain Rancaupas nih 🙌

    ReplyDelete
  3. Mantap jiwa, infonya lengkap sekaly. Terimakasih

    ReplyDelete
  4. tambahan min..
    untuk sewa tenda dll skrg sudah ada di pihak pengelola ya.

    ReplyDelete