Ads

Strawberry Adalah Inspirasiku

Daftar Isi [Tampil]

Infociwidey.com - MUNCULNYA kreativitas manusia yang semakin beragam, menjadikan setiap orang ingin selalu menciptakan sesuatu yang baru.

Penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. Orang kreatif selalu berusaha memanfaatkan waktu untuk menciptakan sebuah barang yang memiliki nilai jual tinggi, tetapi menggunakan bahan yang tidak terlalu mahal, atau mungkin bisa dikatakan murah dan mudah didapat.

Setiap manusia memiliki daya kreativitas yang cukup tinggi, hanya saja manusia harus pandai memanfaatkan kreativitas yang dia miliki untuk hal yang lebih berharga, baik untuk kehidupannya sekarang maupun kehidupannya di masa yang akan datang.

Masyarakat di kampung Citalahab, membuat produk yang terbuat dari kain kain menjadi sebuah kerajinan tangan yang menghasilkan nilai jual yang lumayan tinggi. Daerah Ciwidey terkenal dengan buah strawberry.

Buah yang sangat menggiurkan ini banyak diolah menjadi makanan baru, seperti dodol dan manisan. Tetapi lain halnya dengan Hani yang terinspirasi membuat pernak pernik bernuansa buah yang berwarna merah menyala ini.

Pernak pernik ini bukan berarti dibuat dari buah strawberry, tetapi produk ini dibuat dengan segala hal yang berkaitan dengan strawberry. Mulai dari warna dan bentuknya yang sama dengan buah strawberry.

Tepatnya di kampung Citalahab RT 02 RW 22, desa Barutunggul, kecamatan Rancabali, Hani membuat berbagai pernak-pernik strawberry. Pernak-pernik ini berupa gantungan kunci, gantungan handphone, dan bantal strawberry.

Pembuatan pernak-pernik ini dimulai sejak tahun 2005. Pada awal pembuatan, produk ini hanya dijual kepada orang yang memesan saja, tetapi karena keinginan konsumen yang semakin banyak, Hani pun mencoba memasarkan produk ini ke tempat-tempat ramai yang dikunjungi banyak orang.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan ini, diantaranya; kertas dus atau karton, kain dengan berbagai warna yang bervariasi, benang, dekron, dan jarum.

Cara pembuatan gantungan strawberry dan bantal strawberry-pun cukup mudah dan menyenangkan, yaitu sebagai berikut :

Gambar pola diatas kertas dus atau kertas karton dengan berbagai bentuk, pola kesatu berbentuk buah strawberry, pola kedua bentuk daun, dan pola ketiga bentuk tangkai.

Pola tersebut digambar sesuai ukuran masing-masing produk yang akan dibuat. Gambar pola untuk bantal strawberry lebih besar dibandingkan gantungan strawberry.

Potong kain sesuai pola yang telah digambar. Kemudian jahit semua kain yang telah dipola tersebut, namun sisakan sedikit lubang untuk memasukkan dekron sebagai isi dari gantungan dan bantal
strawberry. Setelah dekron dimasukkan, jahit kembali lubang yang belum tertutup menggunakan jarum dan benang.

Setelah pembentukan bantal dan gantungan strawberry selesai, hias bantal dan gantungan tersebut sesuai dengan keinginan. Gantungan dan bantal strawberry bisa dihias dengan menambahkan gambar-gambar yang konsumen inginkan.

“Awalnya saya hanya mencoba membuat pernak pernik ini untuk dijadikan hiasan di rumah dan dijual kepada orang yang hanya memesan saja, tetapi karena banyak orang yang tertarik dengan produk yang saya buat, akhirnya saya pun membuka sebuah usaha kecil. Alhamdulillah usaha yang selama ini saya kelola tiap tahunnya semakin berkembang, hingga akhirnya produk yang saya buat banyak dipasarkan ke tempat wisata baik di daerah Ciwidey, Lembang, dan Sariater,” ujar Hani.

Gantungan dan bantal strawberry ini dapat dibuat dengan berbagai cara sesuai dengan kreativitas pembuatnya dan sesuai dengan keinginan konsumen.

Usaha yang telah Hani kelola selama kurang lebih 7 tahun ini telah memiliki pelanggan dan konsumen yang terbilang cukup banyak. Selain lebih mengutamakan kepuasan pelanggan, Hani pun selalu menerima masukan yang konsumen berikan.

Produk ini lebih banyak diminati oleh para wisatawan dari luar daerah, produk ini banyak dibeli untuk buah tangan. Hani memasarkan produk yang dia buat ke berbagai tempat wisata di daerah Ciwidey, seperti Kawah Putih, Rancaupas, Pemandian Air Panas Walini, Cimanggu, Situ Patengan,
dan lain-lain.

Gantungan dan bantal strawberry ini banyak dibeli untuk dijadikan oleh-oleh. Gantungan strawberry kecil dijual dengan harga mulai dari Rp 3.000 sampai dengan Rp 8000 sedangkan bantal strawberry dijual dengan harga kisaran Rp 25.000 sampai Rp 80.000.

Terimakasih telah bersedia berkunjung ke Web ini, semoga artikel yang ada disini bisa membantu anda semua Salam, Admin

Post a comment

0 Comments