Ads

Resep Cara Membuat Dodol Strawberry dengan Mudah di Rumah

Daftar Isi [Tampil]
Infociwidey.com - Setiap daerah kita tahu pasti memiliki keunikan tersendiri, apalagi di negara Indonesia, yang kita tahu bahwa setiap daerahnya memiliki ciri khas dan budaya tersendiri, mulai dari adat istiadat, bahasa, suku daerah sampai ke makanan setiap daerahnya berbeda.

Nah kali ini kita akan bahas sebuah resep dodol khas daerah Bandung yaitu Dodol Strawberry. Yang biasanya juga banyak dijual di toko oleh-oleh khas Ciwidey.

Sementara itu, ketika musim panen Strawberry atau ketika tidak laku dijual langsung karena terlalu kecil atau kembalian dari toko-toko penjual Stroberi yang pasti harganya cukup murah. Ibu-ibu di Ciwidey akan membuat buah Strawberry ini menjadi Dodol Strawberry yang manis dan enak.

Artikel kali ini berisi informasi tentangDodol Strawberry yang memiliki rasa manis yang khas dan enak. Ayo nanti bisa coba Resep Dodol Strawberry ini untuk dihadirkan di rumahmu.

Biasanya dodol strawberry ini dibuat menggunakan campuran gula batu atau gula merah yang di aduk berjam-jam diatas wajan dengan kayu bakar. Mengapa masih menggunakan kayu bakar? Ada dua alasan mengapa kayu bakar masih digunakan

Pertama, untuk menjaga rasa nikmat dodol yang lebih alamiah dan mantap. Sama halnya ketika kita memasak nasi dengan kayu bakar akan lebih nikmat dibanding memanfaatkan alat pemasak nasi modern.

Kedua, karena memang kayu bakar masih menjadi andalan ibuku untuk memasak dibanding kompor gas atau minyak tanah yang harganya selangit itu.

Nah, bagaimana kamu tertarik untuk membuatnya? Berikut resep cara memasak dodol Strawberry.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • Buah Strawberry secukupnya
  • Gula merah secukupnya atau bisa juga memakai gula batu.
  • Agar-agar, berfungsi untuk mempercepat pengeringan dan agar rasanya semakin nikmat. Biasanya bisa menggubakan agar Swallow.

Cara memasak  Dodol Strawberry :

  • Kupas buah Strawberry lali potong-potong menjadi banyak bagian, dan buang bijinya.
  • Buah Strawberry yang sudah dikupas campurkan gula merah atau gula batu.
  • Sebelumnya panaskan wajan diatas kayu bakar kurang lebih 5 menit (kalau seandainya anda memasak dengan kayu bakar).
  • Masak Buah Strawberry yang sudah di campur gula merah atau gula batu di wajan.
  • Aduk terus, biasanya dalam 4 jam dodol akan matang.
  • Jika sudah kelihatan padat, lembut dan berwarna cokelat gelap, campurkan dengan agar-agar. Aduk lagi hingga merata. 
  • Ketika sudah keliahatan matang, angkat dan dinginkan. Jika sudah, bungkuslah kecil-kecil dengan potongan plastik.
  • Sekarang dodol siap dimakan.

Nah teman-teman itulah tadi informasi seputar tentang Resep Dodol Strawberry yang memiliki rasa manis dan enak. Ayo nanti bisa coba Resep Dodol Strawberry ini untuk dihidangkan di rumahmu.

Bagaimana? Mudah bukan membuat Dodol Strawberry ini? Selamat mencoba…

Ohiya, sebagai informasi tambahan. Semakin lama Dodol Strawberry tersimpan, maka rasanya akan semakin enak. Biasanya Dodol Strawberry akan tahan maksimal hingga dua bulan.

Terimakasih telah bersedia berkunjung ke Web ini, semoga artikel yang ada disini bisa membantu anda semua Salam, Admin

Post a comment

0 Comments