Ads

3 Tahap Mudah. Resep Membuat Nasi Liwet Khas Sunda yang Lezat

Daftar Isi [Tampil]
Nasi Liwet Sunda yang Pulen | Sumber tertera
Infociwidey.com - Setiap daerah kita tahu pasti memiliki keunikan tersendiri, apalagi di negara Indonesia, yang kita tahu bahwa setiap daerahnya memiliki ciri khas dan budaya tersendiri, mulai dari adat istiadat, bahasa, suku daerah sampai ke makanan setiap daerahnya berbeda.

Nah kali ini kita akan bahas sebuah resep masakan khas daerah Bandung yang kebetulan menu masakan ini banyak sekali ditawarkan di rumah makan di daerah Ciwidey.

Yap, Siapa yang tidak kenal dengan Nasi Liwet. Sebuah masakan khas Sunda yang biasa dihidangkan dengan sambal, lauk pauk dan lalapan yang cocok disajikan untuk dimakan bersama keluarga.

Artikel kali ini berisi informasi tentang Resep Nasi Liwet Sunda yang memiliki rasa tak kalah enak. Ayo nanti bisa coba Resep Nasi Liwet Sunda ini untuk dihidangkan di rumahmu.
Rempah-rempah

Bahan yang diperlukan :

  1. 300 gr beras (bisa jenis apa saja, sesuaikan dengan yang ada)
  2. 600 ml air, sesuaikan dengan kondisi beras 
  3. 2 batang serai, memarkan sampai hampir hancur
  4. 5 lembar daun salam (berfungsi sebagai pewangi aroma liwet)
  5. 12 butir bawang merah, iris-iris sampai tipis 
  6. 5 siung bawang putih, iris-iris juga sampai tipis
  7. 10 buah cabai rawit, untuk menambah selera nasi
  8. 1/2 sdt garam, sebagai pelengkap 
  9. 2 sdm minyak goreng untuk menumis
  10. Segenggam daun kemangi, untuk pelengkap dan penguat aroma
  11. 100 gr teri medan, goreng hingga matang

Sajian untuk Pelengkap :

  • 5 buah tempe goreng
  • Sambal terasi

3 Tahap Cara Membuat Nasi Liwet Sunda :

  1. Panaskan minyak, tumis serai, daun salam, bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit hingga harum, angkat dan tiriskan.
  2. Masukkan beras yang sudah dicuci ke panci rice cooker dan tumisan bumbu, tuang air sesuai takaran. Masak hingga air berkurang, aduk-aduk, tutup rice cooker.
  3. Masukkan teri medan, daun kemangi, aduk hingga tercampur rata. Masak sekali lagi agar nasi matang, aduk-aduk kembali nasi dan sajikan bersama pelengkap dan lalap.

Nah teman-teman itulah tadi informasi seputartentang Resep Nasi Liwet Sunda yang memiliki rasa tak kalah enak. Ayo nanti bisa coba Resep Nasi Liwet Sunda ini untuk dihidangkan di rumahmu.

Hayuk, Mulai persiapkan bahan dan pelengkapnya untuk membuat Nasi Liwet Sunda yang banyak tersedia di Tempat Makan Sekitar Ciwidey

Terimakasih telah bersedia berkunjung ke Web ini, semoga artikel yang ada disini bisa membantu anda semua Salam, Admin

Post a comment

1 Comments