Ads

Angin Puting Beliung di Situ Patengan, Ini Kata BMKG

Daftar Isi [Tampil]
Angin Puting beliung terjadi di Situ Patengan Ciwidey
Info Ciwidey - Sekitar pukul 11.30 WIB Jumat siang, 20/12/2019 Terjadi peristiwa angin puting beliung di tengah-tengah permukaan air danau Situ Patengan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Kejadian tersebut dikonfirmasi oleh pengelola objek wisata Glamping Lake Side, Marcelinus. "Iya betul tadi ada angin puting beliung di Situ Patengan," ucap Marcel melalui sambungan telepon.

Menurut kepala BMKG Bandung Tony Agus W menuturkan angin puting beliung yang terjadi pada permukaan air dinamakan waterspout dan hal ini biasa terjadi saat musim penghujan tiba.

"Berpotensi (akan terjadi) disemua tempat. Kalau didaratan disebut puting beliung, kalau terjadi di permukaan air disebut Waterspout atau puting beliung dipermukaan air, bisa di permukaan danau, situ atau laut" pungkasnya melalui pesan singkat.

Dan ia pun menyebut, puting beliung atau waterspout yang terjadi di Situ Patengan itu disebabkan karena angin.

"Waterspout, angin kencang yang membentuk pusaran di atas permukaan air. Angin ini disebabkan adanya awan cumulonimbus. Awan hitam berlapis vertikal" katanya.

Ia menyebutkan bahwa peristiwa puting beliung di Situ Patengan Ciwidey ini murni merupakan fenomena alam.

"Peristiwa alam, tidak berdampak merugikan manusia, saat tidak ada manusia atau harta benda diatas air tersebut" tuturnya

Sebelumnya, beredar dalam video yang memperlihatkan terjadinya Water Sprout tersebut di Situ Patengan. Pada saat kejadian berlangsung memang tidak terlihat adanya warga atau perahu diatas permukaan air danau tersebut.

Dari status netizen
Dan menurutnya, kejadian peristiwa serupa bisa terjadi ketika pagi, menjelang siang dan sore hati.

"Berpotensi terjadi di musim penghujan, jika pagi hari cerah dan terbentuk awan cumulonimbus menjelang siang hingga sore hari," pungkasnya.

Tetap terhubung dengan kami di Infociwidey.com untuk mengetahui tentang semua Info Ciwidey, Tempat Wisata, Penginapan di Ciwidey Semua Info Tentang Ciwidey.

Terimakasih telah bersedia berkunjung ke Web ini, semoga artikel yang ada disini bisa membantu kamu semua Salam, Admin

Post a Comment

0 Comments