Ads

Wajib Coba! Pendakian Gunung Geulis di Ciwidey

Daftar Isi [Tampil]


Infociwidey.com - Banyak yang belum tahu jalur pendakan Gunung Geulis di Ciwidey. Kamu ingin tahu kisah perjalanannya, silahkan dibaca ya.

Gunung Geulis ini memang tidak seterkenal seperti pendakian gunung-gunung pada umumnya, karena tergolong masih jarang dan sepi dari pendakian mungkin bagi kamu yang memiliki jiwa petualang, sekalian berlibur ke Ciwidey kamu bisa dicoba mendaki gunung kesini nih.

Gunung Geulis yang berketinggian 1650 mdpl ini tidak terlalu lama memakan waktu saat melakukan pendakian. 

Dalam artikel ini, kami akan memuat informasi tentang estimasi pendakian ke Gunung Geulis lewat jalur Legok Kondang Ciwidey, berdasarkan pengalaman yang di share oleh teman kami di Jejakumurku.com

Oh iya jalur ini tergolong jalur yang paling cepat dibanding kan dengan jalur lainnya untuk menuju puncak Gunung Geulis lho..
Parkiran Motor
Perjalanan dimulai dari memarkirkan kendaraan di Penginapan Glamping Legok Kondang (tentunya) dengan meminta ijin terlebih dulu dengan pengelola penginapan untuk menitipkan kendaraan kita.

Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit dengan jalur yang langsung menanjak dan juga melewati kawasan perkebunan sayuran warga sampai kita bertemu dengan persimpangan.

Lalu setelah dipersimpangan ambillah arah ke kanan untuk melanjutkan pendakian. Trak yang dilalui sekarang yaitu berupa jalan setapak di tengah kebun kopi yang ditanam warga sekitar gunung. Ikuti saja jalur ini sampai bertemu lagi dengan persimpangan. Ohiya jalur yang dilalui disini landai dan nyaman kok.

Setelah kita bertemu lagi dengan persimpangan, ambil arah ke jalur kanan untuk menuju puncak Gunung Geulis, dan dari jalur ini juga kamu sudah bisa melihat puncak Gunung Geulis berada di atas kita.

Jalur yang dilewati ini kombinasi antara kebun sayur warga, hutan pinus dan hutan yang masih asri.

Selama perjalanan kita tidak menemukan sumber air yang bisa diambil, maka dari itu bawalah perbekalan air minum dan logistik yang cukup.

Ikuti jalur ini sampai kita sampai di persimpangan antara kebun dan hutan. Lanjutkan pendakian dengan memilih arah kanan untuk menuju ke hutan.

Dari sini pendakian yang sesungguhnya dimulai. Trek yang dilalui yaitu tanjakan yang terjal dan tanah yang licin.
Buka tenda di puncak
Semakin mendekati puncak maka akan semakin rapat pula tumbuhan di hutan yang kita lalui ini, ada baiknya kamu membawa golok atau sangkur dari rumah agar bisa kamu gunakan untuk menyingkirkan tumbuhan liar yang menutupi jalur.

Tetap waspada dan hati-hati mengingat jalur yang sangat rapat dan pundakan gunung yang hanya mampu muat satu orang saja. 

Jalur menuju puncak ini dikelilingi kanan kiri jurang. Maka berhati-hatilah atas pijakan kaki kamu, karena jurang hanya tertutupi oleh rumput liar yang rapuh.
Sunrise di Gunung Geulis
Setelah kurang lebih 30 menit menyusuri tanjakan di jalur hutan, kamu akan sampai disebuah tanah lapang yang merupakan Puncak dari Gunung Geulis ini.

Gambaran di atas puncak ialah berupa tanah terbuka yang cukup memuat 2 atau 3 tenda dome kapasitas empat orang. Tepat dibelakang puncak, kita bisa melihat gagahnya Gunung Tambakuruyung membentang tinggi. 
Puncak Gunung Geulis saat pagi hari
Lalu pemandangan kearah barat kita bisa melihat deretan pegunungan Ciwidey dan Gunung Patuha. Dan yang tidak kalah mengagumkan yaitu View kearah timur, dimana kita bisa melihat pemandangan Kota Ciwidey dan sebagian Bandung dari atas puncak.

Terdapat juga deretan gunung di Bandung Utara seperti Gunung Burangrang, Tangkuban Perahu, Putri sampai Bandung Timur yaitu Gunung Manglayang.

Itulah tadi ringkasan cerita pendakian ke Gunung Geulis dan ini adalah estimasi waktu yang diperlukan untuk melakukan pendakian dari tempat parkir sampai puncak

 KeteranganWaktu 
 Parkiran - Kebun Sayur30 Menit 
 Kebun Sayur - Persimpangan 115 Menit 
 Kebun Kopi - Persimpangan 2 15 Menit 
 Persimpangan 2 - Kebun Sayur15 Menit 
 Kebun Sayur - Hutan15 Menit 
 Hutan - Puncak30 Menit 
 TOTAL WAKTU2 Jam 

Total waktu dari tempat parkir kendaraan sampai puncak Gunung Geulis membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Gimana asik kan?

Ohiya, untuk Simaksi ke Gunung Geulis ini belum ada ya alias Gratis. Karena belum adanya pihak yang mengelola pendakian Gunung Geulis ini.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba mendaki ke gunung ini?

Tetap terhubung dengan kami di Infociwidey.com untuk mengetahui tentang semua Info Ciwidey, Tempat Wisata, Penginapan di Ciwidey Semua Info Tentang Ciwidey. 
 
Terimakasih telah bersedia berkunjung ke Web ini, semoga artikel yang ada disini bisa membantu kamu semua Salam, Admin

Post a comment

0 Comments