Ads

Festival Film Pelajar Jogja 2013

Daftar Isi [Tampil]

Pengantar
Festival Film Pelajar Jogja adalah ruang belajar bersama, berbagi dan silaturahmi komunitas dan karya film pelajar tingkat sekolah menengah atas dan yang setara. Pada penyelenggaraan yang ke-4 di tahun 2013 ini panitia membuka kesempatan seluas-luasnya kepada peserta dari berbagai wilayah di Indonesia untuk berpartisipasi. Kegiatan seminar, workshop, klinik film, temu komunitas serta kompetisi film pendek fiksi dan dokumenter akan menjadi bagian dari festival.
Festival Film Pelajar Jogja merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2010 secara sederhana. Sejak penyelenggaraannya yang pertama terdapat 258 karya film pelajar dari berbagai wilayah di Indonesia yang berpartisipasi dalam festival ini. Karya-karya dari Sumatera Utara, Jambi, Pekanbaru – Riau, Lampung, Palu – Sulawesi Tengah, Denpasar – Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta menyajikan warna pemikiran-ide-gagasan, sikap-ekspresi, komunikasi dan eksplorasi teknik beragam. Panitia dan partisipan festival yang berdatangan dari beragam kalangan (pelajar-mahasiswa, guru-dosen, seniman, budayawan, aktivis, praktisi media, dll) memberikan apresiasi yang tinggi untuk segala ikhtiar peserta dalam berkarya, dengan segala keterbatasan dan kelebihannya.
Festival Film Pelajar Jogja akan selalu hadir tiap akhir tahun. Pada tahun 2013 ini festival akan diselenggarakan pada tanggal 14-15 Desember. Festival ini akan selalu dirayakan bersama untuk mendukung aktivitas komunitas film pelajar di Indonesia dengan segala dinamikanya.
Tujuan dan Manfaat
1. Belajar bersama memahami dan menggunakan film sebagai sarana ekspresi seni, komunikasi, pendidikan dan budaya.
2. Berbagi pengetahuan, pengalaman dan keterampilan pembuatan film.
3. Bersilaturahmi antarkomunitas pelajar yang memiliki minat belajar seni film serta menumbuhkembangkan kepedulian berbagai pihak dalam mendukung kegiatan komunitas film pelajar.
Pelaksanaan
Hari : Sabtu dan Minggu
Tanggal : 14 dan 15 Desember 2013
Pukul : 09.00 WIB - selesai
Tempat : Komplek Pondok Pemuda Yogyakarta
Kriteria Peserta dan Karya
1. Peserta adalah pelajar sekolah menengah atas/setara dari seluruh Indonesia.
2. Kategori karya FIKSI (live action & animasi) dan DOKUMENTER.
3. Tema bebas.
4. Durasi maksimal 10 (sepuluh) menit (sudah termasuk opening dan credit title).
5. Tahun produksi 2013.
6. Karya dibuat individu/kelompok, dalam satu sekolah yang sama/berbeda, dan dikirimkan atas nama sekolah yang diikuti sutradara.
7. Tim produksi pelajar aktif (dibuktikan dengan scan kartu pelajar terbaru).
8. Karya yang menggunakan bahasa lokal wajib diberi subtitle/teks bahasa Indonesia.
9. Boleh mengirimkan lebih dari 1 (satu) karya.
10. Karya yang pernah mengikuti festival lain boleh diikutsertakan.
11. Karya dikirimkan via pos dalam bentuk cakram DVD (PAL system) file .AVI paling lambat 10 Nopember 2013 (cap pos). Formulir pendaftaran dan kelengkapan karya boleh dikirimkan melalui email.
12. Musik/lagu dan materi lainnya (foto, video, grafis, dll) yang digunakan dalam film tidak boleh menggunakan milik orang lain, kecuali ada ijin tertulis dari pembuatnya. Peserta bertanggungjawab sepenuhnya atas hal ini jika ada tuntutan pihak lain di kemudian hari.
13. Hak cipta karya milik peserta. Khusus untuk kepentingan publikasi, penyelenggara dapat menggunakan karya (sebagian/utuh) untuk ditampilkan di website FilmPelajar.com dan media nirlaba lainnya.
14. Keputusan juri adalah mutlak, tidak dapat diganggu gugat.
15. Jika dikemudian hari didapatkan bukti bahwa karya pemenang diragukan keasliannya, maka penyelenggara berhak membatalkan dan menarik penghargaan yang sudah diberikan.
Juri Utama
1. Perwakilan dari Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
2. Perwakilan dari Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta.
3. Perwakilan dari Padepokan Film Grabag Magelang – Jawa Tengah.
Juri Seleksi
Tim Panitia Festival Film Pelajar Jogja 2013.
Penghargaan
1. Karya Terbaik I Kategori Fiksi mendapatkan Piala dari Dekan Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia Yogyakarta + Sertifikat.
2. Karya Terbaik I Kategori Dokumenter mendapatkan Piala dari Wahana Audio Visual Indonesia + Sertifikat.
3. Karya Terbaik II dan III kategori Fiksi dan Dokumenter masing-masing mendapatkan Piala dari Panitia + Sertifikat.
Sekretariat Penerimaan Karya
Jln. Veteran, Gg. Janur Kuning No. 11 A
Pandean, Umbulharjo, Yogyakarta 55161
HP: 0878-3942-0097 (Eni)
Website: www.filmpelajar.com
Email: festivalfilmpelajarjogja@yahoo.com
Twitter: @filmpelajar dan @ffpj2013
Page Facebook: Festival Film Pelajar Jogja
Grup Facebook: Forum Film Pelajar Indonesia
Penutup
Festival Film Pelajar Jogja adalah sebuah hajatan yang dihidupi oleh beragam pihak yang memiliki perhatian terhadap tumbuhkembangnya komunitas film pelajar Indonesia. Festival Film Pelajar Jogja terus membuka diri terhadap dukungan dan kerjasama berbagai pihak yang memiliki visi sebangun. Dukungan yang paling utama adalah partisipasi karya-karya pelajar dari berbagai wilayah di Indonesia beserta doa dan kehadiran tim produksinya di Jogja untuk belajar bersama, berbagi dan bersilaturahmi :-)

Post a Comment

0 Comments