Ads

Lipstik Berwarna Merah Bikin Wajah Tampak Muda

Daftar Isi [Tampil]


Kosmetik membuat wanita terlihat lebih muda dengan meningkatkan kontras antara fitur wajah dan warna kulit. Penelitian oleh seorang profesor dari Gettysburg College di Pennsylvania menunjukkan kontras perubahan fitur wajah merupakan isyarat yang digunakan untuk menguraikan usia wanita.

Kosmetik biasanya digunakan untuk meningkatkan aspek kontras wajah seperti kemerahan bibir. Para ilmuwan mengusulkan bahwa ini dapat menjelaskan mengapa penggunaan lipstik yang membikin bibir merah sehingga membuat wajah tampak lebih muda ada hubungannya dengan kesehatan dan kecantikan.

"Berbeda dengan keriput, tak satupun dari kita menyadari pertanda ini meskipun kita menatap wajah setiap harinya," ujar Richard Russel, seorang profesor psikologi di Gettysburg. Ia bekerjasama dengan peneliti dari Channel R & D yang berdedikasi untuk masalah kulit dan penampilan wajah.

Dalam studi tersebut, Profesor Russel dan timnya mencermati 289 gambar wajah mulai usia 20 hingga 70 tahun. Mereka menemukan proses penuaan membuat bibir, mata dan alis berubah pucat. Sementara sekitar kulit akan berubah menjadi lebih gelap.

Akibatnya antara fitur wajah dan kulit disekitarnya kurang kontras. Perbedaan antara bibir kemerahan dan kulit disekitarnya berkurang. Seperti juga perbedaan pencahayaan antara alis dan dahi yang memperlihatkan usia wajah.

Dr. Russel memberi contoh misalnya bahwa kemerahan bibir akan menurun sesuai dengan perubahan penuaan. Tetapi kulit yang mengelilingi bibir akan menjadi jauh lebih merah sehingga kontras kemerahan bibir dan seluruh wajah menjadi turun. Maka biasanya mereka akan memanipulasi warna bibir dengan make-up itu.

Untuk mengkonfirmasi hipotesis ini, para peneliti melakukan studi lebih lanjut yang melibatkan lebih dari seratus subjek di Gettysburg dan Paris. Mereka akan mengubah kontras wajah secara artifisial dengan menggunakan perangkat komputer.

Para peneliti untuk sementara menemukan kesimpulan bahwa peningkatan kontras wajah akan menyebabkan pengamat melihat wajah tersebut tampak lebih muda. Sebaliknya jika kontras wajah menurun, wajah akan tampak lebih tua.

Post a Comment

0 Comments