Ads

Mari Belajar Etika & Sopan Santun Kepada Orang yang lebih tua

Daftar Isi [Tampil]
Infociwidey.com - Sopan santun adalah hal mendasar bagaimana kita berhadapan dengan semua orang, bahkan bisa menjadi tolak ukur kepribadian seseorang. Berkaca dari pengalaman saya sendiri yang mungkin masih “kurang” mengetahui dalam sopan santun ada baiknya kita belajar lagi lebih meningkatkan etika kita.

Etika dasar dalam berkomunikasi dengan orangtua harus diketahui dan dilakukan sejak dini. Sehingga diharapkan etika ini akan menjadi kebiasaan dan dibawa dalam pergaulan hingga dewasa nantinya.

Sikap dan perilaku yang sopan atau beretika terhadap orangtua yang berhasil saya kumpulkan diantarannya.
  1.  Jangan pernah membantah, bila ada pendapat yang berbeda harus disampaikan dengan halus dan sopan.
  2. Bagaimanapun perasaan anak saat itu jangan pernah berteriak, membentak, bersuara dan bernada keras dalam berbicara dengan orangtua.
  3. Pamit dan salaman sebelum bepergian atau setelah bepergian.
  4. Jangan sekalipun menyela saat orang tua sedang berbicara.
  5. Bila melihat orangtua sedang kesulitan seperti mengangkat beban berat, sedang mengerjakan pekerjaan berat lainnya tanpa diminta kita harus segera membantu.
  6. Bersikap hormat apapun keadaan emosi apapun
  7. Jangan pernah membantah, bila ada pendapat yang berbeda harus disampaikan dengan halus dan sopan, bukan dengan keras kepala.
  8. Bagaimanapun perasaan anak saat itu jangan pernah berteriak, membentak, bersuara dan bernada keras dalam berbicara dengan orangtua
  9. Pamit dan salaman sebelum bepergian atau setelah bepergian. Pamit dan mencium tangan orang tua sebelum berangkat ke sekolah adalah hal yang sudah wajar dilakukan. Kita menerapkan hal ini juga berdasar dari apa yang orang tua kita ajarkan sewaktu kita masih kecil dulu. Anda sudah pasti bisa merasakan dampak positif dari kebiasaan ini.
  10. Jangan pernah sekalipun memarahi orangtua, kalau ada yang dirasakan tidak benar pada orangtua harus disampaikan secara sopan.
  11. Jangan pernah mengajari, menasehati atau mengkuliahi orangtua. Bila ingin memberi masukan atau pendapat harus dengan sopan atau bila orangtua minta pendapat kita.
  12. Jangan sekalipun menyela pembicaraan orangtua
  13. Tatakrama lain adalah sikap sehari-hari harus menomor satukan atau mendahulukan orangtua untuk melakukan aktifitas seperti mendapatkan tempat duduk, memulai makan, memulai perjamuan minum.
  14. Jangan sekalipun menyentuh kepala orangtua bila sedang berhadapan atau berkomunikasi, kecuali untuk tindakan tertentu seperti memotong rambut.
  15. Bila berhadapan dan berbicara dengan orangtua harus dalam sikap sopan, jangan berkacak pinggang, jangan dengan kaki di atas kursi, jangan melotot, jangan dengan suara keras dan membentak.
  16. Bila melihat orangtua sedang kesulitan seperti mengangkat beban berat, sedang mengerjakan pekerjaan berat lainnya tanpa diminta kita harus segera membantu.
Jika itu semua telah bisa kita biasakan insyaallah mau dimana pun kita, bersama siapapun kita, kita akan senantiasa berada dalam situasi saling menghormati antara sesama manusia. Mulailah untuk membiasakan diri dengan etika yang lebih baik.

Salam sukses selalu. 

Post a Comment

0 Comments