Ads

Ini dia Sekolah "SMAN SADEY" SMAN I Ciwidey

Daftar Isi [Tampil]


Sejarah Singkat
Infociwidey.com - SMA Negeri 1 Ciwidey mulai menerima siswa baru pada Tahun Pelajaran 1987-1988 sebagai FILIAL (Kelas Jauh) dari SMA Negeri 1 Soreang, yang pada saat itu dipimpinoleah Bapak Lili Mulya Setia BA, selaku kepala SMA Negeri 1 Soreang sekaligus sebagai pengelola SMA Negeri 1 Ciwidey.

Pada Tahun Pertama, SMA Negeri 1 Ciwidey menerima siswa baru kelas 1 sebanyak 4 kelas (186 siswa) dan menumpang di SD Ciwidey III, sedangkan guru-gurunya 90% guru SMAN Soreang.

Tahun kedua, yakni tahun pelajaran 1988-1989 lokasi sekolah pindah ke SMPN 1 Ciwidey dan menerima siswa baru kelas 1 sebanyak 4 kelas (187 siswa) sedangkan siswa yang naik dan melanjutkan di kelas 2 tinggal 3 kelas (141 siswa). Pada tahun ini bapak Lili Mulya Setia BA meninggal dunia, dan Bapak DRS. Tadjudin Noor Rosadi menggantikannya sebagai kepala SMAN 1 Soreang sekaligus sebagai pengelola SMA Negeri 1 Ciwidey. Jumlah Guru dan TU sebanyak 30 orang.

Tahun ketiga, yaitu tahun pelajaran 1989-1990 lokasi sekolah berpindah lagi ke SD Panundaan dan menerima siswa baru kelas 1 sebanyak 4 kelas (161 siswa). Sedangkan siswa yang naik dan melanjutka di kelas 2. 4 kelas (139 siswa) dan dikelas 3 sebanyak 127 siswa.

Pada tahun ini dirintis pemebebasan tanah untuk lokasi SMA Negeri 1 Ciwidey Di Jalan Babakan tiga dengan status hak milik (± 8000 m2) jumlah guru dan tata usaha sebanyak 37 orang.

Tahun Pelajaran 1993-1994 SMA Negeri 1 Ciwidey diresmikan sebagai SMAN 1 Ciwidey pada tanggal 23 Desember 1993 dan mandiri dengan Kepala Sekolah Bapak Amaj Rachman sebagai pejabat yang mangku tugas (PYMT), tahun ini menerima siswa baru kelas 1 sebanyak 5 kelas (215 siswa) yang naik dan melanjutkan di kelas 2 sebanyak 5 kelas (186 siswa) dan dikelas 3 sebanyak 3 kelas (109 siswa). Jumlah guru dan tata usaha 40 orang. Tahun ini dibangun kelas baru bertingkat sebanyak 4 lokal.

Bapak Amaj Rachman pensiun dan diserah terimakan jabatan kepala sekolah kepada Bapak. Drs.Odji Setiajdi AR dan didampingi oleh Ibu Dra.Hj.Jajah Rumilah sebagai PLH. Tahun Pelajaran 1994-1995 dilakukan serah terima jabatan Kepala Sekolah dari Bpk. Drs.Odji Setiadji AR kepada Ibu Dra.Hj. Jajah Rumilah yang selama ini menjabat PLH. Setelah Dra.Hj. Jajah Rumilah Kepala Sekolah berikutnya adalah Drs. Asep Ikhsan kemudian digantikan oleh Hj. Nani P Samja,S.Pd dan setelah itu Ibu Hj.Nani digantikan oleh Drs. Suhendan Suhala.

Pada pertengahan tahun pelajaran 2006-2007 Drs. Suhendan Suhala digantikan oleh H. Totong Syamsudin,SP.d.M.MPd. Tahun Pelajaran baru 2007-2008 SMA Negeri 1 Ciwidey Menerima siswa baru 340 siswa ( 8 kelas ). Jumlah guru dan TU tahun ini sebanyak 64 orang.

Demikian sejarah singkat perkembangan SMA Negeri 1 Ciwidey, yang Insya Allah akan lebih berkembang lagi dimasa mendatang.

Visi dan Misi
VISI , MISI DAN TUJUAN  SMA NEGERI 1 CIWIDEY

A.  Visi
Terwujudnya peserta didik yang beriman dan bertaqwa, berprestasi, berbudaya, dan berwawasan lingkungan. 
Indikator-indikator pencapaian Visi sekolah adalah:

1.      Terwujudnya peserta didik yang beriman dan bertaqwa.
  • Bebas dari “ Buta Baca Tulis  Al-Qur’an “ bagi siswa muslim.
  • Mampu melaksanakan kewajiban peribadatan (sholat, puasa,  zakat serta qur’ban)
  • Melaksanakan kegiatan peringatan hari besar keagamaan (Maulid Nabi, Isro Mi’raj , Iedul Adha, Sanlat Ramadhan )
  • Meraih prestasi dalam bidang keagamaan ( Nasyid, MTQ, Syahril Qur’an, Kaligrafi, dan lain-lain).
2.      Terwujudnya peserta didik yang berprestasi
  • Mampu mencapai tingkat kelulusan 100% dalam mengikuti ujian nasional Tahun 2008.
  • Meraih prestasi akademik dalam kegiatan Olympiade Mata Pelajaran di tingkat gugus, kabupaten hingga nasional.
  • Meningkatnya lulusan yang melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta melalui jalur PMDK dan SPMB
  • Dapat meraih prestasi dalam penulisan Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.
  • Meraih prestasi dalam bidang kebudayaan dalam event kejuaraan seni budaya daerah seperti Lomba pupuh, dongeng bahasa sunda, rampak sekar serta pemilihan mojang dan jajaka sunda (moka).
  • Meraih prestasi bidang ekstrakurikuler diantaranya mampu mengirim salah satu anggota Paskibraka Tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.
  • Mampu mencetak atlet unggulan tingkat kabupaten, propinsi , bahkan tingkat nasional.
B.  Misi

  1. Membentuk peserta didik yang memiliki ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  2. Mengembangkan  sikap dan kepribadian yang santun, beretika dan berestetika tinggi
  3. Membentuk peserta didik yang senantiasa menjungjung tinggi kebudayaan nasional dan daerah.
  4. Mewujudkan kegiatan pembelajaran yang innovatif, kreatif, dan menyenangkan.
  5. Mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi
  6. Membentuk sikap dan watak kompetitif peserta didik sehingga senantiasa  siap berkompetisi baik tingkat lokal, nasional hingga global.
  7. Membangun kemitraan yang baik dengan segenap stoke holder lingkungan sekolah.





info lebih lengkap kunjungi : http://sman1ciwidey.sch.id
Terimakasih telah bersedia berkunjung ke Web ini, semoga artikel yang ada disini bisa membantu anda semua Salam, Admin

Post a comment

0 Comments