Ads

“Sawelas Sasih” Gunung Padang Ciwidey

Daftar Isi [Tampil]
Ilustrasi net
Infociwidey.com - Gunung Padang Ciwidey terletak di pasir Pamipiran desa Rawabogo. Wana wisata ini berada di bawah pengelolaan KPH Bandung Selatan.

Kawasan Gunung Padang bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat, setelah memasuki kawasan desa Rawabogo, kendaraan harus berganti dengan ojeg karena jalannya masih berupa tanah. Apabila musim hujan bisa di pastikan amat berbahaya karena licin,ojeg pun biasa nya menggunakan ban khusus.

Karena di kenal sebagai salah satu wana wisata spiritual maka di desa Rawabogo terdapat beberapa kuncen yang akan mengantar para peziarah,namun apabila kita hanya akan melancong tanpa melakukan ziarah kita bisa langsung memasuki kawasan gunung ini, tentu saja setelah membayar tiket masuk kepada petugas setempat.

Sebagai tempat wana wisata spiritual setiap bulan kesebelas pada penanggalan bulan Sunda, komunitas Adat dari berbagai daerah di Pasundan kerap menggelar upacara sawelas sasih di nagara padang.

Makna dari upacara adalah bagaimana mengungkap rasa terimakasih kita yang telah diberi rasa keindahan, sehingga lahir keindahan dari musik, nyanyian dan tarian, serta rupa karya “seni”.

Di mana dengan upacara ini kita diingatkan untuk mengerti semua rasa indah ini adalah dasar dari bagaimana hubungan antar yang diciptakan untuk dimulai dengan memberikan tujuan termulia dari keberadaan ini, yaitu cinta kasih (sawelas sasih = Sawelas Saasih = sawelas asih) untuk menerangi jalan kehidupan yang satu sama lain saling memiliki ketergantungan.

Selain diikuti oleh komunitas adat Sunda,upacara ini biasanya diikuti pula oleh berbagai komunitas adat yang ada di nusantara, para peserta yang mengikuti upacara, sangat di harapkan membawa atau menyertakan sesajen, kesenian, atau apapun darma yang terindah sesuai kebiasaannya, dari komunitas, kelompok dan atau etnisnya masing-masing.

Setidaknya berpakaian adat leluhurnya, atau pakaian adat resmi yang di pakai dalam upacara sakralnya di daerah masing-masing. Adapun prosesi upacara nya berlangsung sejak pagi hari di mulai dari :
Prosesi Upacara sawelas sasih :
  • Perjalanan mendaki menuju puncak “leuit salawe jajar” (alun-alun)
  • Penempatan sesajen
  • Bubuka (ngaramatkeun) penyebutan nama-nama leluhur yang pernah mensucikan tempat “nagara padang”
  • Rajah kacapi suling
  • Alunan kidung/doa setiap daerah (sunda, jawa, bali, wakil sumatera, timor dll), diiringi karinding-celempung.
  • Tarawangsa (tarian sakral dengan diiringi alat musik petik dan gesek tradisional)
  • Sawer tirta (mencipratkan air suci)
  • Pun panglayeutan (bersalam-salaman)

Post a comment

0 Comments