Ads

Si Manis dari Ciwidey

Daftar Isi [Tampil]

kalua by niarestu
Infociwidey.com - Siapa yang tidak mengenal buah jeruk? Buah yang identik dengan vitamin C ini disukai oleh banyak orang. Sebagian besar orang mengkonsumsi buah jeruk dan membuang kulitnya. Tapi di tangan orang-orang.


Kulit jeruk bali bisa dijadikan salah satu makanan manisan, yang lebih dikenal oleh masyarakat  Ciwidey dengan nama Kalua Jeruk. Kalua jeruk adalah sejenis manisan yang terbuat dari kulit jeruk bali yang  memiliki warna-warna yang menarik.

Makanan ini rasanya manis. Memang yang kita tahu kulit jeruk itu rasanya pahit dan kurang sedap. Namun dengan kreativitas tinggi perajin di daerah Ciwidey mengolah kulit jeruk bali ini menjadi manis dan menyegarkan.

Kalua Jeruk ini bisa kita temui di Ciwidey, tepatnya di Kampung Warung Kecamatan Pasir Jambu Kabupaten Bandung. Karena kalua jeruk ini merupakan makanan khas Ciwidey, maka tidak heran  jika banyak sekali penjual kalua jeruk di sepanjang jalan.

Toko kalua jeruk milik Hj.Uis Risadah Solihah berdiri sejak tahun 1992. Sejak dulu sampai sekarang, kalua jeruk buatan Hj. Uis memiliki variasi rasa.

Jika kalua jeruk original memiliki rasa manis dari gula aren, kini terdapat kalua dengan pemanis gula putih dengan rasa yang beragam seperti rasa strawberry, sirsak, durian, dan ada rasa yang lainnya. Meski kalua jeruk ini menggunakan pewarna, jangan khawatir dengan pewarna yang digunakan karena pewarna yang digunakan merupakan pewarna yang aman bagi kesehatan.
kalua by karinadewi66
Kalua jeruk prosuksi Hj. Uis banyak diminati dan dikonsumsi oleh orang-orang luar daerah bahkan sampai ke luar Pulau Jawa, karena

Karena semakin banyaknya peminat kalua jeruk, produksi kalua jeruk terus meningkat dari tahun ke tahun. Selain  masyarakat Ciwidey, tidak sedikit wisatawan yang berkunjung dan  membeli makanan ini untuk oleh-oleh. Terutama pada musim liburan sekolah seperti sekarang.

rasanya yang manis, kalua jeruk ini sangat pas untuk dikonsumsi di waktu  berbuka puasa. Selain itu, harganya pun bervariasi, harga satu kilo kalua jeruk di toko milik Hj.Uis ini mulai dari Rp 30.000,- sampai Rp 35.000,-. Makanan yang satu ini banyak diminati oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

yang kreatif, kulit jeruk bisa diolah menjadi makanan yang enak dan bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga saat berlibur. Malah para perajin di daerah Ciwidey tidak sedikit mendulang uang dari kulit jeruk.
instagram.com/wisataciwidey
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kalua jeruk ini sangat mudah, antara lain gula aren, gula pasir, air apu, air putih atau air bersih dan pewarna makanan. Cara pembuatan manisan dari kulit jeruk ini terbilang sangat mudah, antara lain sebagai berikut:
• Pilih jeruk yang masih muda, kemudian ambil kulitnya lalu dikupas dan dibentuk seperti buah jeruk.

• Kulit jeruk tersebut direndam selama satu hari satu malam dengan air apu agar rasa pahitnya hilang.

• Setelah itu, baru dicuci dengan air bersih sampai air apu nya hilang.

• Kemudian direbus sampai kulitnya menjadi lunak.

• Setelah kulit tersebut lunak, baru dimasak dengan gula. Ada yang menggunakan gula merah dan ada yang menggunakan gula pasir.

• Setelah gulanya meresap ke dalam kulit jeruk, baru diangkat dan dikeringkan untuk disajikan.
Terimakasih telah bersedia berkunjung ke Web ini, semoga artikel yang ada disini bisa membantu anda semua Salam, Admin

Post a comment

0 Comments