Ads

Kawah Putih Ciwidey, Info Harga Tiket Masuk, Rute Jalan Terbaru 2019

Daftar Isi [Tampil]
Infociwidey.com - Kawah Putih Ciwidey Bagi kamu sob yang sedang mencari tempat wisata yang indah dan terkenal di daerah Ciwidey, Kecantikan dan ke eksotisan kawah yang berwarna toska nya inilah yang menjadi daya tarik utama ini di  objek wisata ini. Pasti kamu semua sudah pada tahu kan? Yaps, tempat ini adalah Kawah Putih Ciwidey.

Cobalah datang ke kawasan Wisata Kawah Putih di Ciwidey, Kabupaten Bandung. Yang termasuk ke daerah Wisata Ciwidey. Disana ada kamu bisa berwisata di tempat yang sejuk dan menyimpan keindahan tersendiri.
Kawah Putih Ciwidey Bandung merupakan sebuah kawah gunung yang dihasilkan dari letusan Gunung Patuha. Asal nama Kawah Putih berasal dari tanah yang kebanyakkan berwarna putih. Warna putih tanah tersebut disebabkan oleh unsur zat yang bercampur dengan belerang.

Salah satu yang unik di kawah ini adalah air yang ada ditengah danaunya, dimana air danau di dalam kawah bukan berwarna bening seperti kebanyakkan danau umumnya, melainkan berwarna putih kehijauan.

Salah satu tempat wisata di Ciwidey ini, airnya sangat sering berubah ubah, tergantung cuaca dan sesuai dengan kadar belerang, suhu,yang terjadi pada saat itu.

Kawah Putih Ciwidey Bandung terletak di dataran tinggi kawasan pegunungan yang berada pada ketinggian lebih 2.400 dpml. Karena berada di dataran yang tinggi inilah suhu di area ini terasa sangat dingin. Rata rata suhu di kawasan Kawah Putih Ciwidey adalah 8 hingga 22 derajat celcius.

Karena keindahan dan keromantisan nya yang sangat mempesona, kawah ini kerap dijadikan background fotografi, film, melukis, dan juga pre wedding. Contoh film yang sempat legendaris dan menggunakan kawah putih sebagai latar belakang adalah film “Heart” tahun 2006, Videoclip "Via Vallen", sampai film "Wiro Sableng" yang diperankan oleh Vino G Bastian.
Tidak hanya sebagai ajang keromantisan, di Kawah Putih Bandung juga terdapat beberapa wisata lainnya yang sangat sayang jika kamu lewatkan seperti menyusuri hutan di Skywalk Hutan Cantigi atau kamu juga bisa berburu pemandangan matahari terbit di Sunan Ibu Spot Sunrise semuanya terasa lengkap disini.

Jadi bagi kamu yang sudah merencanakan kunjunganmu ke objek wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung ini, ada baiknya baca artikel ini sampai selesai.

Nah Seperti apakah tempat wisata Kawah Putih ini? Apa saja info lengkap dari mulai sejarah sampai fasilitas wisata yang ada disini? berapa harga tiket masuk, dimana alamat dan rute jalan menuju ke Kawah Putih nya?

Yuk segera cek info lengkap mengenai  Kawah Putih Ciwidey Bandung dibawah ini.

Sejarah Kawah Putih di Kalangan Masyarakat 

Diambil dari artikel Sejarah Gunung Patuha Ciwidey. Gunung Patuha berasal dari nama Pak Tua atau “Patua”. Karena itu masyarakat setempat menyebutnya sebagai Gunung Sepuh.

Gunung yang berada di Bandung Selatan ini, sebelumnya dikenal sangat angker, masyarakat pun tidak ada yang berani memasuki kawasan tersebut. Bahkan burung yang terbang melintas kawasan itu akan mati.

Matinya burung yang terbang melintas di kawasan Gunung Patuha kini terkuak sudah, kemungkinan matinya burung karena burung tersebut menghisap “aroma” belerang dari Kawah Putih.

Karena kandungan belerang di tempat tersebut cukup tinggi, pemerintah Belanda waktu itu  mendirikan pabrik belerang bernama “Zwavel Ontgining Kawah Putih".

Penambangan belerang berlanjut sampai pada zaman Jepang dan kegiatan penambangan langsung diawasi  militer Jepang.

Dan nama pabrik belerang pun berganti menjadi Kawah Putih Kenzanka Gokoya Ciwidey.

Kawasan lain selain Kawah Putih, adalah Puncak Kapuk. Konon tempat ini merupakan tempat pertemuan para leluhur yang dipimpin Eyang Jaga Satru. Dalam pertemuan ini, para leluhur membicarakan tentang kesejahteraan dan keamanan masyarakat serta cara menjaga kelestarian hutan.

Makam para leluhur tersebut berada di Puncak Kapuk (sekarang Menjadi Wisata Sunan Ibu), bahkan yang mempercayainya jika “kawenehan” (kebetulan) akan melihat seekor domba yang warna bulunya mirip lukut (lumut) , hingga disebut “domba lukutan”.

Domba ini konon peliharaan para leluhur. Setelah Indonesia terlepas dari belenggu penjajah Belanda dan Jepang.

Terungkapnya Misteri Kawah Putih yang Menyimpan Sejuta Keindahan

Foto dari ig.com/luckysutrisno
Pada tahun 1837 misteri di Gunung Patuha terungkap oleh seorang peneliti botanis Belanda kelahiran Jerman bernama Dr.Frnas Wilhelm Junghun yang melakukan penelitian di kawasan Gunung Patuha dan menemukan keindahan Kawah Putih.

Tuan Junghun tidak begitu saja percaya mengenai keangkeran Gunung Patuha sebagaimana cerita yang tersebar di masyarakat. Sebagai ilmuwan, ia melakukan penelitian menembus hutan belantara, sampai akhirnya menemukan sebuah kawah yang indah yang kita kenal sekarang dengan nama Kawah Putih.

Dari dalam danau keluar semburan aliran lava belerang serta gas yang  baunya sangat menyengat, dengan perjalanan waktu, pada tanggal 26 Januari 1993, Kawah Putih diresmikan sebagai obyek wisata alam (ekowisata) di kawasan hutan.

Setelah dilakukan berbagai penataan, Kawah Putih kini menjadi Wisata terpopuler di Indonesia dan merupakan salah satu tempat wisata yang sudah Go Internasional. Kawah Putih, karunia alam yang mempersona dan menakjubkan.

Fasilitas Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung yang Mempesona

Foto dari : Ig.com/delight_nissa
Untuk memanjakan setiap pengunjung pengelola Wisata Kawah Putih selalu berusaha untuk menghadirkan fasilitas-fasilitas yang bisa membuat para wisatawan nyaman.

Berikut Fasilitas yang ada di area Kawah Putih Ciwidey Bandung :

Kantor Pusat Informasi


Diarea gerbang depan dan diarea lokasi Kawah Putih terdapat Kantor Pusat Informasi yang siap melayani setiap wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Kawah Putih.

Toilet
Terdapat juga toilet di beberapa lokasi yang tersebar di area wisata Kawah Putih ini.

Mushola

Untuk para wisatawan muslim yang berkunjung terdapat juga mushola di area bawah Kawah Putih dan area atas Kawah Putih tepat nya yaitu di dekat area parkiran atas. 

Warung Makan dan Restoran

Warung makanan dan rumah makan ada di area parkiran bawah wisata Kawah Putih, diarea warung makanan ini banyak dijual aneka makanan ringan, berat hingga oleh-oleh khas Ciwidey pun dijajakan disini, sehingga bagi para wisatawan jangan khawatir perutnya kelaparan. Harga makanan disinipun bervariatif dan sesuai untuk kawasan wisata, tergantung pandai-pandainya kita dalam tawar-menawar.

Transportasi Wisata Ontang Anting

Ontang anting kendaraan pengantar wisatawan Kawah Putih
Setelah kita membayar biaya masuk kawasan Kawah Putih, kita perlu menaiki lagi transportasi yang disediakan pihak pengelola, untuk mencapai lokasi wisata Kawah Putih. Kendaraan ini diberi nama Ontang-Anting.

Penyebutan Ontang-Anting ini bukan tanpa alasan, Alasan paling kuat, karena ketika pengunjung menaiki kendaraan ini, para penumpang akan merasakan sensasi di pontang kanan panting kiri karena kebanyakan jalur yang menukik tajam, naik dan turun saat menuju lokasi wisata.

Area Parkir yang Luas

Parkiran kendaraan Kawah Putih
Di area wisata Kawah Putih, setidaknya terdapat tiga tempat parkir kendaraan yang tersedia, antara lain.

Parkiran 1 yang terletak di bawah dekat gerbang tiket Kawah Putih, Parkiran ini difungsikan untuk kendaraan roda dua, roda empat, dan bus yang berkunjung kesini. 

Lalu Parkiran 2 yang terletak di lokasi wisata Kawah Putih, parkiran ini difungsikan untuk kendaraan pengelola dan kendaraan roda empat milik pribadi yang ingin membawa kendaraanya sampai ke lokasi kawah putih tanpa menaiki Ontang-Anting. Untuk bisa membawa mobil pribadi ke area ini dikenakan tarif tambah (Jasa Lingkungan).

Dan yang terakhir adalah Parkiran 3, yang letak nya ada di atas setelah melewati parkiran 2, parkiran ini cukup luas cukup untuk banyak mobil dan motor, area parkiran ini terdapat dilokasi wisata Sunan Ibu Sunrise Spot.

Dermaga Ponton

Dermaga ponton kawah putih-ciwidey. Foto dari ig.com/jeannesariramangiwa
Para pengunjung kini bisa berjalan ke tengah danau vulkanik Kawah Putih, Dermaga Ponton adalah sebuah wahana wisata baru yang berupa sebuah jembatan / dermaga mengapung menggunakan drum sebagai pelampungnya yang melintang sepanjang 50 meter dan memiliki lebar 2 meter.

Dermaga Ponton ini sejak dibuka kini menjadi objek spot selfie favorit wisatawan yang berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey.

Sunan Ibu Sunrise Spot

Lokasi sunan ibu kawah putih ciwidey. Foto dari ig.com/nizaramrullah
Tempat yang satu ini wajib kamu kunjungi dan jangan sampai dilewatkan. Sunan Ibu merupakan sebuah tebing yang dihadirkan oleh pihak pengelola bagi setiap pengunjung yang ingin melihat kawah putih dari puncak Gunung Patuha. 

Selain menawarkan suasana hiking, Sunan Ibu juga menawarkan pemandangan Sunrise yang indah bagi para wisatawan yang ingin menyaksikannya.

Skywalk Cantigi 
Skywalk Cantigi Kawah Putih
Geo Wisata terbaru yang dihadirkan oleh pengelola Kawah Putih adalah Skywalk Cantigi. Para wisatawan ketika memasuki Skywalk Cantigi ini seakan menjelajah ditengah hutan cantigi yang sejuk. Untuk masuk kesini juga dikenakan biaya tambahan. 


Pra Wedding

Prawed di Kawah Putih, diambil dari Tribunnews


Shooting Film

Syuting film di area wisata Kawah Putih

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung Terbaru 2019

Nah sekarang bagi teman-teman yang berencana datang kesini, silahkan siapkan isi dompet untuk membayar harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey, ini harga lengkapnya :
NO Keterangan Harga Tiket
1 Wisata Mancanegara Rp. 75.000
2 Wisata Nusantara Rp. 25.000
3 Angkutan Wisata (ontang-anting) Rp. 20.000
4 Parkir kendaraan diatas (Jasa Lingkungan) Rp. 150.000
5 Tiket Roda 2 Rp. 5.000
6 Tiket Roda 4 Rp. 10.000
7 Tiket Roda 6 Rp. 25.000
8 Dermaga Ponton Rp. 10.000
9 Sunan Ibu Rp. 10.000
10 Skywalk Cantigi Rp. 10.000
11 Pra Wedding Rp. 500.000
12 Shooting Rp. 3.000.000

Alamat Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawasan Wisata Kawah Putih Gunung Patuha, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat

Nomor Kontak Telepon Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung

Bagi teman-teman yang sedang mencari informasi atau apapun terkait wisata Kawah Putih dan semua wisata yang ada didalamnya dan segala bentuk informasi lainnya bisa hubungi hotline resmi nya di :
NO NAMA No Tlp
1 Deddy 082116791118
2 Mona 082115500036

Jam Buka Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung

Waktu kunjungan operasional Kawah Putih adalah setiap hari, mulai senin hingga minggu, mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB.

Peta Lokasi Kawah Putih Putih Ciwidey Bandung

Inilah peta lokasi dari Kawah Putih Ciwidey yang diambil dari Googlemaps :


Rute Jalan menuju Kawah Putih Ciwidey Bandung

Dan untuk rute jalur menuju Kawah Putih ini memerlukan waktu sekitar 60 menit waktu normal dari pintu keluar Tol Soreang Pasirkoja.

Dari arah pintu keluar tol soroja, arahkan kendaraanmu arah Ciwidey, kamu akan melewati Kolam Renang Victory - Driam Resort dan beberapa tempat lainnya hingga sampai di tempat Wisata Kawah Putih daerah Rancabali.

Berikut rute lengkapnya yang diambil dari google maps :

Nah teman-teman itulah tadi informasi seputar Wisata Kawah Putih Ciwidey yang menawarkan wisata danau vulkanik indah  di Kabupaten Bandung, dan juga termasuk objek wisata paling rekomendasi untuk dikunjungi di Wisata Ciwidey

Hayuk, Mulai agendakan untuk main dan berkunjung ke Wisata Kawah Putih Ciwidey nya sekarang!

Terimakasih telah bersedia berkunjung ke Web ini, semoga artikel yang ada disini bisa membantu anda semua Salam, Admin

Post a comment

1 Comments